Latest News
Sunday, 30 September 2018

PGSD EXPO 2018 Sebagai Ajang Untuk Meningkatkan Potensi Diri



Pamplet Acara


UnibKita.Com || PGSD EXPO merupakan kegiatan akbar yang rutin dilaksanakan Hima PGSD FKIP KBM  Unib sejak sembilan tahun terakhir yang dimulai dari tahun 2009. Melihat antusias para peserta dan kesuksesan kegiatan yang signifikan setiap tahunnya, maka Hima PGSD FKIP KBM Unib di tahun 2018 ini akan melaksanakan PGSD EXPO ke-X yang di dalamnya terdapat kegiatan dan perlombaan dalam tingkat SD, mahasiswa dan masyarakat umum se-Sumbagsel dan se-Provinsi Bengkulu. Adapun perlombaan tingkat se-Sumbagsel yaitu Cipta Puisi, Essay, dan Poster, sedangkan se-Provinsi Bengkulu yaitu Tafidz Quran, Adzan, Sang Juara, Baca Puisi, Mewarnai, Menggambar, Teaching, Mendongeng, Futsal SD, Futsal Umum, Catur SD, dan Pramuka.
 
Dengan mengusung tema kegiatan : “PGSD EXPO 2018, Wujudkan Kompetensi Abad 21, Tingkatkan Semangat Berprestasi Generasi Emas, Melalui Literasi Berbingkai Karakter”. Target peserta (siswa SD, mahasiswa dan masyarakat umum), nama dan bentuk kegiatan ini (PGSD EXPO ke-X tahun 2018), waktu penyelenggaraan kegiatan dari tanggal 19 Oktober s.d. 26 Oktober 2018 di tempat pelaksanaan yang telah ditentukan, serta kepanitiaan yang melibatkan sebanyak 54 orang.
Selain itu, latar belakang diadakannya kegiatan PGSD EXPO bahwa di era globalisasi ini pemuda/pemudi generasi bangsa dituntut untuk berperan aktif memajukan pendidikan Indonesia. Berbagai usaha pendidikan dilakukan untuk mewujudkan generasi yang kritis, kreatif, inovatif, kompeten dan religius. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah menyalurkan dan mengembangkan minat, bakat dan potensi siswa dan mahasiswa serta masyarakat umum baik bidang keagamaan, pendidikan, olahraga dan seni.

Pamplet Acara PGSD EXPO

Keberhasilan PGSD EXPO yang telah dilaksanakan di kampus PGSD setiap tahunnya memacu semangat pengurus Hima PGSD FKIP Unib untuk mengadakan PGSD EXPO ke-X tahun 2018 yang akan dilaksanakan dengan mengusung konsep acara yang baru dan lebih meriah di Kampus PGSD.
Hima PGSD FKIP KBM Unib melakukan evaluasi dalam pelaksanaan PGSD EXPO setiap tahunnya. Berpijak dari pengalaman pada pelaksanaan PGSD EXPO sembilan tahun terakhir maka pada tahun  ini diadakan lomba dengan  cabang mata lomba yang ditentukan dengan melihat jumlah peserta dan jumlah masa dari tiap cabang mata lomba pada tahun sebelumnya.

Kegiatan dan mata lomba yang diadakan terbagi dalam beberapa divisi, yaitu Divisi Kerohanian bertujuan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan mengadakan perlombaan-perlombaan islami yakni Tahfidz Qur’an dan Adzan. Divisi bidang Pendidikan dan Keilmuan yang bertujuan untuk menambah wawasan dan mengembangkan potensi ilmiah yang diwujudkan dengan perlombaan-perlombaan yakni Sang Juara, Menggambar, Mewarnai, Cipta Puisi, Baca Puisi, Mendongeng, Essai dan Teaching. Divisi  Minat dan Bakat mengadakan perlombaan Catur SD, Pertandingan Futsal SD, dan Futsal Umum yang bertujuan meningkatkan kreativitas serta  melalui seni agar dapat melestarikan seni dan budaya serta mengembangkan kemampuan di bidang olahraga. Divisi Keorganisasian bersama Divisi Pengabdian dan Bela Negara mengadakan lomba Pramuka yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan cinta tanah air. Divisi Kestari mengadakan lomba Poster yang bertujuan menggali ide dan kreativitas pada diri masing-masing.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: PGSD EXPO 2018 Sebagai Ajang Untuk Meningkatkan Potensi Diri Rating: 5 Reviewed By: Unib Kita