Latest News
Monday, 28 May 2018

Tumbuhkan Minat Menulis Mahasiswa Melalui NAKASIWA 2018



Unibkita.com || UKM P3M adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Tingkat Universitas yang Bergerak dalam Bidang Pengembangan, Penalaran, dan Penelitian Mahasiswa. Salah satu Program Kerja Mereka yaitu mengadakan Pelatihan untuk Membina Karya dari tangan-tangan kreatif mahasiswa, dimana program kerja tersebut diberinama NAKASIWA (Bina Karya Mahasiswa). Kegiatan NAKASIWA UKM P3M KBM UNIB pada Tahun 2018 ini lebih berfokus pada Pelatihan Penulisan Puisi dan Cerpen, sehingga mampu Menumbuhkan Minat Menulis Mahasiswa, terutama dalam menulis puisi dan cerpen.

Pembukaan NAKASIWA 2018
Kegiatan NAKASIWA 2018 berlangsung di Lantai 1 Gedung PKM dari tanggal 26 s/d 27 Mei 2018, dari pukul 08.00 s/d 12.00, yang di ikuti oleh peserta yang berasal dari UKM P3M tingkat Fakultas yang ada di Universitas Bengkulu yaitu Media Cendekia dari Fakultas Pertanian, Ercom dari Fakultas Teknik, dan Medira dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pembina UKM P3M KBM UNIB yaitu Ibu Ramsyah Rachmati PhD. Ketika menyampaikan kata sambutannya Ibu Ramsyah mencoba untuk memotivasi para peserta dengan menyampaikan sebuah kalimat motivasi “Jika menulis suatu karya dan suatu saat nanti kita meninggal, maka nama dan karya kita akan tetap tinggal dan terkenang untuk selamanya dan karya ini jugalah yang akan menjadi amal jariyah bagi kita”. Pesan ibu Ramsyah. Pesan ini benar-benar menggambarkan sebuah hal luar biasa dari karya tulis yang kita hasilkan.

Penyampaian Materi NAKASIWA 2018
Setelah diadakan pembukaan, peserta langsung menerima materi Penulisan Puisi yang disampaiakan oleh Siti Maryam Widyaningrum, terlihat peserta sangat menyimak dan antusias dengan materi yang disampaikan oleh kak Siti. Sementara itu dihari kedua penyelenggaraan kegiatan, Astri Wijayanti didaulat untuk menyampaikan materi Penulisan Cerpen. Meskipun telah mengijak hari kedua penyelenggaraan para peserta terlihat masih sangat antusias, ditambah lagi dengan konsep penyampaian materi yang santai dan menyenangkan membuat para peserta betah untuk terus mendengarkan dan mengikuti penyampaian materi hingga selesai.


Foto bersama peserta Kegiatan NAKASIWA 2018

            Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi dan bertukar pendapat serta berbagi pengetahuan bagi seluruh mahasiswa yang berasal dari UKM P3M yang ada pada tingkat Fakultas di Universitas Bengkulu. Selain itu diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, mampu meningkatkan minat mahasiswa untuk terus menulis dan menghasilkan karya-karya yang  membuat mereka dikenang sepanjang masa. EJS


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tumbuhkan Minat Menulis Mahasiswa Melalui NAKASIWA 2018 Rating: 5 Reviewed By: Eko Jevrian