Latest News
Sunday, 1 April 2018

Sabha Gotra KMHB PKN STAN : Tingkatkan Kekeluargaan Umat Hindu


Pengaruh globalisasi yang semakin menyebar luas menuntut generasi muda untuk mengikuti perkembangan zaman, juga memaksa  generasi muda untuk pandai memilah dan memilih dampak dari globalisasi yang membawa kebaikan dan keburukan. Kemampuan generasi muda untuk menentukan mana yang baik dan buruk tidak terlepas dari nilai-nilai agama yang sudah ditanamkan dalam diri masing-masing, sehingga generasi muda akan terhindar dari adanya degradasi moral yang akan membawa dampak negatif bagi perkembangan pribadi maupun sekitarnya. Dilihat dari segi etnis, bahasa, agama, dan sebagainya, Indonesia termasuk salah satu negara yang paling majemuk di dunia. Kehadiran berbagai agama yang diakui di Indonesia telah memperkaya kemajemukan bangsa ini. Salah satu agama yang diakui di Indonesia yaitu agama Hindu. Dalam pluralisme agama di Indonesia dan pengaruh globalisasi yang semakin tak terelakkan, generasi muda khususnya generasi muda Hindu harus membentengi diri lebih kuat dan meningkatkan kemampuan memilah pengaruh yang positif ataupun negatif dari globalisasi. Selain itu, sebagai umat sedharma kita hendaknya saling merangkul satu sama lain selayaknya keluarga dan tentunya meningkatkan kebanggaan sebagai umat Hindu dalam pluralisme masyarakat.

            Keluarga Mahasiswa Hindu dan Buddha (KMHB) PKN STAN Sabha Gotra 2018 mengadakan kegiatan yang dapat memberikan siraman rohani (spiritual) kepada mahasiswa dan masyarakat Hindudi sekitarnya untuk menanamkan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus menanamkan rasa solidaritas dan mempererat tali persaudaraan yang baik antar umat Hindu baik dalam lingkungan PKN STAN maupun umat Hindu lainnya. Sabha Gotra 2018 yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam anggota Lembaga Keagamaan Keluarga Mahasiswa Hindu dan Buddha (KMHB PKN STAN) bekerjasama dengan Badan Penyiaran Hindu PHDI Pusat. Dengan mengangkat tema “Umat Sedharma, Keluarga Selamanya”, acara ini diadakan pada Minggu, 1 April 2018 pukul 09.00-14.00 WIB di Gedung G, Kampus PKN STAN Bintaro. Sabha Gotra 20182018 terdiri dari beberapa kegiatan, Pertama dalam bentuk perlombaan esai dan fotografi. Sabha Gotra Essay Competition 2018 merupakan perlombaan esai tingkat Nasional untuk mahasiswa sedangkan Sabha Gotra Photography Competition 2018 merupakan perlombaan fotografi tingkat Nasional untuk Mahasiswa.
Kedua dalam bentuk seminar, Seminar Nasional Sabha Gotra 2018 mengangkat tema  “Menumbuhkan Kebanggaan sebagai Hindu dalam Pluralisme Masyarakat”. Kegiatan ini diisi dengan siraman rohani atau penjelasan dari beberapa narasumber yang notabene adalah pemuka Agama Hindu mengenai kebanggaan sebagai Hindu dalan pluralisme masyarakat dan disertai pula dengan diskusi kerohanian yang memberikan semangat baru serta meningkatkan pemahaman lebih mendalam mengenai kebanggan sebagai umat Hindu dalam pluralisme dan pengimplementasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Juga ditampilkan serangkaian acara hiburan berupa musik, tari, dan sebagainya yang diharapkan dapat memberikan hiburan kepada hadirin acara Seminar Nasional Sabha Gotra 2018.
Dukungan dan kerjasama seluruh pihak yang bersangkutan dalam pelaksanaan kegiatan Sabha Gotra 2018 menjadikan kegiatan keagamaan ini berjalan dengan lancar dan sangat penuh berkah. Sabha Gotra 2018 mengingatkan kita akan suatu kata bijak yaitu, Melalui pengabdian kita memperoleh kesucian, dengan kesucian kita memperoleh kemulian. Dengan kemuliaan kita mendapat kehormatan dan dengan kehormatan kita peroleh kebenaran. [Jussy]







  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sabha Gotra KMHB PKN STAN : Tingkatkan Kekeluargaan Umat Hindu Rating: 5 Reviewed By: Ade Ayu Jussy