Latest News
Monday, 9 April 2018

Pacific Partnership 2018 mulai dari Workshop sampai Band Performance


Meriahnya Pacific Partnership 2018 Dari Seminar Dan Workshop Hingga Band Performance
(Penampilan Tari Persembahan saat pembukaan Band Performance)

Unibkita.com|| Rangkaian kegiatan Pacific Partnership 2018 meninggalkan begitu banyak kesan di mata mahasiswa Universitas Bengkulu. Diawali dengan Engineering Subject Matter Expert Exchange (Smee) – Seminar And Workshop yang telah diadakan pada Rabu-Kamis, 28-29 Maret 2018 di Ruang Rapat Utama Rektorat Universitas Bengkulu. Seminar dan workshop ini membahas berbagai hal sesuai dengan tema, “Disaster Resistant Structural Design Construction Practices; Post-event building damage assessment; Coastal protection and erosion; Health and Safety Management Construction; Flood mitigation control; Shelter control; Anti-shock building construction; Waterfront City Concepts; Pedistrian.” Partisipasi peserta dan diskusi yang kuat menjadikan acara ini berjalan dengan lancar dan memberikan kesan yang luar biasa bagi setiap pihak.

(Source Unib.ac.id)

Dilanjutkan dengan Pertandingan Sepak Bola Persahabatan (30/3/2018) di  Stadion Universitas Bengkulu yang melibatkan Tentara Amerika, Tentara Nasional Indonesia, mahasiswa Universitas Bengkulu, dan unsur Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Kota Bengkulu. Masih dalam rangkaian Kegiatan Pacific Partnership 2018, turut diadakan Seminar Humanitarian Assistance (Ha) – Disaster Relief (Dr) Smee (Civil Military) (4/4/2018) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Rektorat UNIB. Seminar ini diadakan pada mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB dan mengangkat tema “Disaster management; First responder; Triage; Basic life support; Types of medical evacuation; Evacuation techniques

(Source Unib.ac.id)

Kegiatan Pacific Partnership 2018 ditutup dengan Band Performance melalui penampilan konser band Amerika “U.S Navy Seventh Fleet Band” dimana didukung oleh Band FMIPA Universitas Bengkulu. Band Performance ini diadakan pada Sabtu, 7 April 2018 pada pukul 08.30 – 10.00 di Gedung Auditorium Universitas Bengkulu. Acara yang terbuka untuk umum ini berhasil menjadi hiburan bagi mahasiswa di masa-masa Ujian Tengah Semester (UTS) yang telah dimulai 2 minggu yang lalu.

(U.S NAVY Seventh Fleet Band saat bernyanyi dan menari bersama mahasiswa)

Pacific Partnership merupakan latihan bersama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Angkatan Laut Amerika Serikat yang melibatkan pemerintah daerah dalam latihan bidang kesehatan dan penanggulangan bencana dengan tujuan utama untuk meningkatkan kerjasama dan persahabatan serta meningkatkan kemampuan negara-negara tuan rumah dalam menghadapi bencana. Tahun 2018, kegiatan ini dilaksanakan di Provinsi Bengkulu dan Universitas Bengkulu terlibat dalam beberapa kegiatan.
Akbar Adedo (FMIPA 16) bersama Aisyah Nur Avita (FMIPA 16) selaku Master of Ceremony berhasil menciptakan suasan yang formal namun tetap menyenangkan dan menghibur bagi para peserta. Antusiasme mahasiswa UNIB dengan kedatangan bule di tengah-tengah aktivitas kemahasisaan pun tidak disia-siakan  dengan mudah. Banyak yang sekedar meminta  menyapa dan berbicara untuk melatih skill berbahasa inggris hingga foto bersama dengan pose sederhana atau pose ala anak kekinian yang berhasil menciptakan keakraban antara mahasiswa dan para Tentara Angkatan Laut Amerika.
(Delegasi dari Tentara Angkatan Laut US Hikmat mengikuti acara pembukaan band performance)

“Kami menikmati bisa bekerja sama dengan kalian, senang bisa berbagi, bertukar budaya dan merupakan pengalaman yang luar biasa bisa bertemu dengan kalian semua. Terimakasih untuk keramahannya” Sanjung ketua dari U.S Seventh Fleet Band sebelum memulai konser mereka. U.S Navy Seventh Fleet Band berhasil membius para penonton bahkan penonton pun tak segan untuk turun ke depan panggung dan menari bersama, serta tidak sedikit mahasiswa yang mengabadikan moment tersebut dalam story social media masing-masing. Uniknya, Armada Band US ini juga menyanyikan lagu “Akad” milik Band Payung Teduh dengan sangat lancar dari 15 lagu yang dibawakannya.
(Prosesi Penyerahan Kapur Sirih Oleh Penari Tari Persembahan)

Dr.Drs, Zul Bahrum Caniago,MS selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) UNIB dalam kata sambutannya menyampaikan kebahagianya bisa menyambut Tentara Angkatan Laut Amerika melalui kegiatan ini. Ia juga menjelaskan arti dari penampilan tari tradisional khas Bengkulu, Tari Persembahan yang mana merupakan cara masyrakat Bengkulu ketika menyambut tamu dari luar Bengkulu. Tidak lupa juga dengan penyerahan sirih yang mana gerakan ini dimaknai sebagai pemberian salam untuk menghormati tamu agung atau besar yang datang. [Jussy]
(Euforia Penonton saat bernyanyi bersama U.S Navy Seventh Fleet Band)




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pacific Partnership 2018 mulai dari Workshop sampai Band Performance Rating: 5 Reviewed By: Ade Ayu Jussy