Latest News
Thursday, 12 April 2018

Besamo Bumi Rafflesia Kito Satukan IHAMAFI Jayo




UnibKita.com II Kecepatan perkembangan teknologi pada era global telah merambah hingga ke sudut terjauh dalam kehidupan kita, hal ini telah memaksa semua elemen yang terkait untuk berbuat sesuatu yang akan mampu mengubah kondisi yang ada, menuju kesiapan semua pihak dalam menghadapinya. Bangsa ini membutuhkan pelopor segala macam pembaharuan serta langkah yang nyata dan solutif untuk memecahkan berbagai problema yang melanda.

Mahasiswa ditantang untuk menjalankan fungsi dan perannya sebagai moral force (kaum terpelajar), agent of change (agen perubahan), dan iron stock (warisan penting). Sebagai  agent of change Mahasiswa mempunyai peranan penting dalam berbagai lingkup kehidupan sehingga tidak hanya disibukkan oleh kegiatan perkuliahan saja. Mahasiswa  seharusnya  bisa  membangkitkan potensi,  kreatifitas, inspirasi dan rasa pengabdian terhadap masyarakat. Betapa pentingnya peranan kita sebagai mahasiswa untuk mencapai salah satu Tujuan Nasional Bangsa Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 yaitu “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”.

Melihat hal ini IHAMAFI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika Indonesia) akan melaksanakan “MUSYAWARAH WILAYAH  I  IKATAN  HIMPUNAN  MAHASISWA  FISIKA INDONESIA 2018” atau yang disingkat “MUSWIL I IHAMAFI 2018”. Perlu kita ketahui bahwasannya wilayah satu ini merupakan wilayah di selingkup Sumatera Bagian Selatan, yang terdiri dari Provinsi Lampung, Sumatera selatan, dan Bengkulu.

Tahun ini “MUSWIL I IHAMAFI 2018” akan dilaksanakan di Kota Madya Bengkulu pada tanggal 17 April s/d 22 April 2018 dengan mengangkat tema “Besamo Bumi Rafflesia Kito Satukan IHAMAFI Jayo”, diharapkan tema ini mampu mengimplementasikan tujuan dari MUSWIL I IHAMAFI 2018 yaitu, sebagai wahana untuk mengintergrasikan organisasi IHAMAFI agar lebih maju dan terkoordinir, menanamkan jiwa kepemimpinan, mengembangkan potensi diri, meningkatkan daya pikir ilmiah dan profesionalisme kepada para kader IHAMAFI, meningkatkan pengoptimalan kinerja organisasi dan IHAMAFI yang makin bemanfaat bagi lembaga mahasiswa yang tergabung menjadi anggota di dalamnya, wadah bertukar informasi ilmu pengetahuan sains untuk meningkatkan kapabilitas ilmu sains dimasing-masing perguruan tinggi, dan meningkatkan silaturahmi anggota yang tergabung dalam IHAMAFI.

            Muswil I IHAMAFI 2018 terbagi kedalam 6 bentuk kegiatan utama, diantaranya Openning party, kegiatan pesta penyambutan kedatangan delegasi yang bernuansa Bengkulu dengan berbagai pegelaran seni, adat, budaya Bengkulu dan wilayah. Kegiatan kedua Seminar, dengan pemateri yaitu Bapak Suwarsono yang merupakan Dosen Fisika Universitas Bengkulu. Kegiatan ketiga adalah Fisika Mengajar & Lomba Photograpy, untuk Fisika Mengajar akan bertempat di Panti Asuhan Kasih Ibu Tl. Segara dan untuk Lomba Photography mengambil tema “Budaya Tanah Kelahiran”. Bentuk kegiatan selanjutnya ialah Pelaksaan Sidang MUSWIL I IHAMAFI 2018. Kegiatan kelima merupakan kegiatan Fieldtrip, kegiatan inilah yang akan mengenalkan para peserta  dengan sejarah maupun kekayaan alam dari Bumi Raflesia, dan kegiatan terakhir yaitu Clossing party.

Peserta dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa aktif Himpunan Mahasiswa Fisika se-Indonesia baik yang sudah tergabung ataupun yang belum tergabung dalam Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika di Seluruh Indonesia. Setiap Perguruan Tinggi yang berada pada wilayah I bisa mengirimkan minimal 1 delegasi untuk kegiatan musyawarah wilayah 1 ini. Pendaftaran dapat dilakukan sejak 5 Februari s.d 15 April 2018, serta untuk alur pendaftaran dan konfirmasi pendaftaran dapat menghubungi (Nurmariam : 082176770651).

            Penulis semangajak semuanya untuk dapat mengisi waktu senggang ataupun masa muda kita dengan hal-hal serta kegiatan yang pisitif tentunya kegiatan yang dapat mengasah potensi diri, kreatifitas, daya pikir, serta profesionalisme dalam diri kita. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan semacam ini yang sangat berguna untuk kita kedepannya. Sehingga apa yang kita usahakan dimasa muda dapat kita nikmati di kemudian hari. (EJS)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Besamo Bumi Rafflesia Kito Satukan IHAMAFI Jayo Rating: 5 Reviewed By: Unib Kita