Latest News
Saturday, 31 March 2018

Kenalkan Budaya Asia Dan Western Melalui SUNDAY Project 2018


UnibKita.com II Bahasa adalah alat komunikasi yang penting untuk dikuasai guna menunjang kesuksesan hidup dan karir seseorang. Tuntutan tersebat khususnya pada Bahasa Inggris terjadi karena banyaknya informasi yang tersedia dalam Bahasa Inggris, sehingga tertinggal karena tidak mampu berkompetisi dengan bangsa lain menjadi konsekuensinya, karenanya baik kalangan muda hingga orang dewasa  harus bisa berbahasa inggris agar mampu berkompetisi.  Hal ini dapat ditunjang dengan kegiatan-kegiatan berbahasa Inggris seperti lomba-lomba yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa Inggris. Namun, di Bengkulu, kesadaran untuk bisa berbahasa Inggris sangatlah rendah, ditambah minimnya kesempatan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris.


SUNDAY Project  2018 (Special Cultural English Day Project) adalah kegiatan yang akan dilaksankan oleh mahasiswa prodi S1 Bahasa Inggris Universitas Bengkulu yang juga merupakan bagian mata kuliah dari ELT Project. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi serta mengenalkan budaya internsional melalui berbagai kegiatan seperti Food Festival, Children Internasional Fashion Show, Accoustic Festival, and Online Video Contest. Konsep ini diusung agar memberikan kesan berbeda dari pelaksanaan kompetisi berbahasa inggris pada umumnya. Selain buadya western; Inggris dan America, pada SUNDAY Project dan budaya Internasional lain juga akan diperkenalkan seperti Arab, China, Korea, dan Japan.


       SUNDAY Project memiliki beberapa bentuk kegiatan. Pertama, Food Festival yang dibagi menjadi 2 kegiatan, yaitu food bazaar yang menjadi ajang perkenalan berbagai makanan dari negara-negara Western, Arab, China, Korea, Japan dan juga makanan dari Indonesia. Kegiatan food festival yang kedua berupa Mukbang atau makan besar khas negara Korea. Kedua, Internasional Children Fashion Show, anak-anak akan menggunakan kostum dari budaya Western seperti kostum koboi dll. Ketiga,  acoustic Competition, para peserta akan menyanyikan lagu Western. Terakhir, Online Video Contest, para peserta akan membuat "Song Cover" dan "Dance Cover" dan akan diupload di media sosial Instagram, kemudian akan dilakukan voting dari "like" di akun sosial media Instagram. DIharapkan kegiatan ini dapat menarik antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi.


          SUNDAY Project  diharapkan dapat meningkatkan wawasan berbahasa Inggris di masyarakat, membiasakan masyarakat dalam menggunakan Bahasa Inggris sehingga kreativitas dalam berbahasa inggris meningkat, memperkenalkan budaya Western, Arab, China, Korea, dan Jepang dan yang paling utama adalah melatih mental dan kemampuan berkompetisi bagi pelajar dan mahasiswa, dan masyarakat umum. Sesuai dengan kata bijak yang penulis sampaikan pada kesempatan ini, “ Every Expert Started From Beginner, Do What You Love And Love What You Do.” Kira-kira apasih artinya ? coba diartikan sendiri dan lihat seberapa luar biasa diri anda. Selamat bertemu di Sunday Project para pembaca setia UK. [Jussy]


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kenalkan Budaya Asia Dan Western Melalui SUNDAY Project 2018 Rating: 5 Reviewed By: Ade Ayu Jussy