Latest News
Monday, 12 February 2018

"Super Hits" Taman Baca BEM KBM UNIB Memperkaya Khazanah Keilmuan

                                             Ruang Taman Baca BEM KBM UNIB di Gedung PKM

UnibKita.com || Jumat, 09 Februari 2018. Taman Baca BEM KBM UNIB merupakan suatu wadah khazanah literasi bagi mahasiswa, yang berisi tentang segala bentuk buku-buku bermanfaat dan kaya akan ilmu pengetahuan, yang berfungsi untuk membantu mahasiswa dalam bidang akademik maupun non akademik.

                                                             Lemari Buku di Taman Baca BEM KBM UNIB


Taman baca BEM KBM UNIB telah diresmikan secara langsung oleh wakil rektor bidang kemahasiswaan, tepatnya pada tanggal 31 September 2017.  Taman baca ini secara rutin dibuka pada hari Senin dan Rabu, tepatnya pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, dan mengenai alasan mengapa taman baca ini tidak dibuka setiap hari? yakni karena minimnya anggota kepanitiaan dan penyesuaian dengan jadwal kuliah yang telah ditetapkan. Kemudian hal tersebut juga menjadi tantangan tersendiri bagi seorang mahasiswa, apakah ia mampu memanfaatkan waktu yang telah disediakan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Taman baca itu sendiri merupakan suatu wujud kepedulian seorang mahasiswa, tepatnya oleh Kementrian Kependidikan Karakter dalam mewujudkan gagasannya untuk mempermudah mahasiswa dalam mencari ilmu, dan dapat mengisi waktu luang ketika padatnya aktivitas berorganisasi di gedung PKM yang begitu ramai.

Hingga saat ini jumlah pengunjung setiap kali dibuka itu bisa dikatakan sangat minim sekali karena ada beberapa faktor yang menjadi penyebab di antaranya yakni keterbatasan informasi mengenai taman baca ini, kemudian publikasi dari pihak terkait bisa dikatakan masih sangat kurang, sehingga tak heran bila sedikit sekali yang menjamah tempat yang penuh dengan ilmu pengetahuan ini.


                                                      Buku yang Tersedia di Taman Baca BEM KBM UNIB


Selain itu buku-buku yang berada di taman baca ini diperoleh dari sumbangan mahasiswa angkatan 2016 tahun lalu, yang tujuannya ialah mengajarkan kepemimpinan seorang mahasiswa, namun disini tidak hanya terpaku pada buku tersebut, ada beberapa buku yang berkaitan dengan keagamaan dan kemudian ada beberapa yang sifatnya umum juga. tetapi jika dilihat dari prosentasinya buku yang membahas tentang jati diri dan kepemimpinan sekitar 20% sudah terpenuhi.


                                                           Anggota Pengurus Taman Baca BEM KBM UNIB


Kemudian untuk sistematika peminjaman buku yang ada di taman baca ini salah satunya harus memiliki fotocopy KTM, karena apa? Karena dengan hal itu maka kita bisa mengenali bahwa ia masih seorang mahasiswa aktif UNIB dan hal itu dapat mempermudah kita dalam mengkoordinir berjalannya buku.
Ketika terlambat mengembalikan buku atau bahkan terjadi kerusakan pada buku tersebut, mahasiswa peminjam harus bertanggung jawab atas kelalaiannya dan akan dikenakan sanksi.


                                      Foto Bersama Penulis UnibKita.com bersama salah satu anggota pengurus

Untuk itu dihimbau kepada seluruh mahasiswa Universitas Bengkulu untuk dapat menambah ilmu pengetahuannya di salah satu Taman Baca paling hits di Universitas Bengkulu yakni Taman baca BEM KBM UNIB. 
Dengan membaca maka kita akan melihat dunia, dengan membaca pikiran kita akan semakin arif dan berbudi. Oleh karena itu jangan pernah lupakan membaca, karena senjata paling mematikan di dunia ini adalah akal, dan akal yang jenius serta cerdas dapat kita peroleh melalui membaca. (Astri)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: "Super Hits" Taman Baca BEM KBM UNIB Memperkaya Khazanah Keilmuan Rating: 5 Reviewed By: Astri Wijayanti