Latest News
Monday, 12 February 2018

Sering Malas Kuliah? 1 dari 6 Hal Ini Pasti Jadi Penyebabnya!


UnibKita.com II Masa-masa kuliah adalah salah satu masa yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Iya nggak teman-teman? Hehehe. Menyenangkan kalau kalian bisa masuk organisasi sesuai hobi atau dapat banyak teman dari daerah yang berbeda. Yaa, walaupun menyenangkan tapi tetap harus menegangkan dong biar enggak membosankan. Contohnya waktu ditunjuk presentasi ke depan sama dosen atau penasaran melihat portal nilai di akhir semester.

Tapi ada kalanya kalian merasa sangat jenuh dan letih saat kuliah. Kira-kira penyebabnya apa ya? Hmm, 1 dari 6 kejadian dibawah ini pasti pernah menerpa kalian. So, check them out!


1. Dari Awal Gak Niat Kuliah

sumber: pixabay.com

Diantara mahasiswa baru yang biasanya lagi semangat-semangatnya kuliah, kadang ada juga loh mahasiswa yang malah tampak ogah-ogahan kuliah. Loh, kok bisa? Masih maba loh padahal.. Hmm, penulis pernah ketemu beberapa teman yang kayak gini nih waktu jadi maba. Alasannya adalah karena dari awal mereka emang nggak punya niat buat kuliah. Mereka masuk kuliah karena suruhan orang tuanya yang benar-benar berharap mereka kuliah dan dapat gelar, intinya mereka kuliah karena terpaksa sih.

Tapi sekarang mereka udah nggak ogah-ogahan lagi kayak dulu. Ketika ditanya, jawaban mereka keren banget loh. Salah satu dari mereka bilang kayak gini, “Ternyata jadi anak kuliahan jauh lebih seru dibanding anak SMA. Kita bisa masuk organisasi dalam lingkup yang lebih luas, pendapat kita jadi lebih dihargai, dijuluki The Agent of Change dan yang lebih asyiknya lagi, aku bisa dapat teman dari berbagai latar belakang yang berbeda. Beda bangetlah dengan SMA dulu!”


2. Merasa Salah Jurusan

sumber: pixabay.com

Kalian pasti punya teman yang kayak gini, atau malah itu kalian sendiri? Ckckck, cepat-cepat tepis prasangka itu. Jangan cepat beranggapan kalau jurusan kuliah yang telah kalian ambil adalah sebuah kesalahan. Bisa jadi jurusan yang kalian pilih adalah sebuah takdir besar yang akan mengarahkan kalian kepada kebahagiaan. Haduhh bahasanya hahaha.

Banyak loh mahasiswa yang sebelumnya merasa salah jurusan malah akhirnya menemukan cita-cita baru yang mulia bahkan cita-cita yang sebelumnya gak pernah di sangka dan dibayangkan mereka lo. Dulu penulis juga sempat bingung karena merasa salah jurusan. Tapi setelah berjalannya waktu, penulis merasa nyaman dan merasa bahwa jurusan inilah yang apabila ilmunya diterapkan dengan baik akan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat.


3. Lingkungan Pertemanan yang Tidak Mendukung

Berpegangan Tangan, Jabat Tangan
sumber: pixabay.com

Disadari atau tidak, terkadang teman-teman dekat kita adalah cerminan diri kita. Pengaruh teman itu sangat kuat loh dalam membentuk sifat dan karakter kita. Teman yang malas akan cenderung membuat kita malas, begitupun sebaliknya. Maka dari itu, selektiflah dalam berteman. Selektif disini bukan berarti pilih-pilih teman yaa. Akan baik jika berteman dengan siapa saja. Tapi, terkhusus sahabat dekat, pilihlah teman yang sama-sama ingin berusaha menjadi lebih baik. Dekatlah dengan teman yang sama-sama ingin memperbaiki diri dan mau saling mengingatkan demi kebaikan. Dengan memiliki teman dekat yang mempunyai satu tujuan yang sama, percaya deh kalian bakal semangat dan rajin buat kuliah.


4. Merasa Banyak Tugas

Ide, Kerja Sama, Berpikir, Bekerja
sumber: pixabay.com

Siapa disini yang sering ngeluh karena banyak tugas? "Hehehe, saya!" Jujur, penulis pun sering ngeluh karena tugas kuliah, hahaha. Yaa, tapi bagaimanapun tugas adalah hal yang tak akan pernah bisa kita hindari dalam perkuliahan. Tenang, kamu nggak sendiri kok, mahasiswa yang lain juga banyak tugas. Jangan merasa sendiri, sendiri itu berat. Kamu nggak akan kuat, HAHAHA!

Tugas yang dibiarkan menumpuk akan membuat kita pusing dan merasa malas mengerjakannya. Maka dari itu biasakan untuk mencicil tugas pelan-pelan ya. Jangan biasakan membuat tugas SKS atau sistem kebut semalam. Jangan sampai deh ada kejadian ketika deadline tugas besok, tapi baru buat malam sebelumnya. Selain melelahkan juga akan membuat hasilnya tidak maksimal.


5. Dosen Gak Asyik

Pengusaha, Kartun, Latihan, Kuliah
sumber: pixabay.com

Banyak mahasiswa yang mengeluhkan cara mengajar dosen di kelas. Dosen galak, dosen membosankan, suara dosen kepelanan, ngomong kecepetan, suka ngasih tugas banyak, dan masih banyak lagi. Yes, memang diakui kalau ada beberapa dosen yang bikin malas dan ngantuk waktu belajar. Malahan ada teman penulis yang sebenarnya suka dengan mata kuliah tertentu tapi karena menurut dia dosennya nggak asyik, dia jadi malas belajar mata kuliah itu.

Eiit, tapi jangan ditiru ya sikap teman aku, hehehe. Bagaimanapun dosen juga manusia guys, beda orang beda pula kepribadiannya. Sebagai mahasiswa yang bijak, kita harus bisa mencari referensi belajar lain yang menyenangkan untuk melengkapi pengajaran dosen. Lagipula kita bisa memberi masukan juga kok kepada dosen demi kebaikan bersama. Komunikasikan dengan cara yang baik dan sopan. Semoga mereka mau mengerti. Hehehe.


6. Rindu Keluarga

Buah Buahan, Jeruk, Jeruk Nipis, Wajah
sumber: pixabay.com

Nah, kenapa rindu keluarga bisa menjadi faktor kurangnya semangat kuliah? Yaa karena rindu itu berat. Tapi kamu pasti kuat kok! Jauh dari keluarga dan harus hidup di kamar kost yang nggak luas-luas amat pasti membuat kamu sering membayangkan mereka yang terkasih. Aduh, kenapa rindu itu berat ya? Hmm, tapi kayaknya tugas kuliah lebih berat deh! Eitt, yang lebih berat itu dosa. Jadi hindari berbuat dosa yaa :)

Ambil sisi positif dari rindu itu teman-teman, Jadikan rasa rindu keluarga itu menjadi cambuk bagi kita agar semangat kuliah. Berikan hasil terbaik untuk keluarga yang juga merindukan kita disana. Perkaya ilmu dalam diri dengan semangat kuliah dan aktif organisasi. Percaya deh rasa rindu kita itu akan terbayarkan dan nggak cuma jadi gombalan kayak di film cowok berjaket jeans!

Oke, itulah 6 hal yang bisa jadi penyebab kalian malas kuliah selama ini. Mulai sekarang jangan biarkan penyebab malas menggerogoti diri kalian yaa. Tetap semangat dan selalu ceria teman-teman :)! (Risa Fitria)










               


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sering Malas Kuliah? 1 dari 6 Hal Ini Pasti Jadi Penyebabnya! Rating: 5 Reviewed By: Risha Fitria Nursahid