Latest News
Sunday, 25 February 2018

Helat Seminar Nasional Beasiswa, BEM KBM FKIP Datangkan Dua Pemateri Dari Luar Bengkulu

Unibkita.com|| Mendapatkan beasiswa adalah keinginan bagi setiap mahasiswa. Oleh karena itu dibutuhkan informasi yang mumpuni dan kiat-kiat mendapatkannya. Maka dari itu, Kamis, 22 Februari 2018, bertempat di Gedung Auditorium Unib, BEM FKIP UNIB telah mengadakan seminar nasional beasiswa. Seminar yang tidak dipungut biaya ini merupakan kegiatan pertama dari serangkaian acara Kemilau Rafflesia Inisiator di lingkup FKIP UNIB.

Seminar ini diisi oleh 2 pemateri dari luar Bengkulu. Pemateri pertama adalah Nanak Hikmatullah dari Bandung dan Budy Sugandi dari Yogyakarta. Kedua pemateri ini pernah mendapatkan kesempatan belajar diluar negeri melalui beasiswa.




Nanak Hikmatullah dulunya pernah mendapatkan beasiswa UK Chevening Scholarship dan mengenyam pendidikan di University of Edinburgh, United Kingdom. Selain itu, dia juga pernah mendapatkan kesempatan untuk Student Exchange dari Global Ugrad di California, USA. Sedangkan Budy Sugandi adalah penerima beasiswa Turkey Burslari Scholarship  di Marmara University, Istanbul Turki. Selain itu dia juga pernah mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus EU Scholarship di Jerman.

Kedua pemateri memaparkan tentang pengalaman dan usaha mereka dalam mendapatkan beasiswa-beasiswa tersebut. Mereka menjelaskan apa saja persyaratan untuk mendapatkan beasiswa sesuai pengalaman mereka. Selain itu mereka juga sharing tentang perjuangan dan kendala-kendala yang pernah mereka hadapi. Baik saat proses mendapatkan beasiswa maupun saat kuliah di luar negeri. Adanya persaingan yang ketat, lingkungan dan suasana yang berbeda serta cuaca yang ekstrim tak luput mereka ceritakan kepada para peserta seminar.



Kegiatan seminar ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa UNIB, tetapi juga dari luar UNIB. Bahkan ada yang dari Universitas Jambi dan Universitas Sriwijaya. Para peserta sangat antusias saat mendengarkan pemateri berbicara. Ternyata ada beberapa peserta seminar yang ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri tapi merasa terkendala oleh bahasa. Pemateri pun memberikan semangat agar peserta terus berusaha dan belajar.




Selain berbagi pengalaman dan kiat-kiat mendapatkan beasiswa, juga diadakan Bedah Buku "Sapere Aude" karya Budy Sugandi. Buku ini menceritakan perjuangannya dalam mencapai impiannya. Diharapkan isi buku Sapere Aude ini akan menginspirasi para pembacanya agar berani berpikir dan mengambil keputusan yang terbaik dalam hidupnya.

Kedua pemateri dan panitia penyelenggara mengharapkan agar seminar ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menjadi motivasi bagi para peserta yang punya mimpi mendapatkan beasiswa, khususnya beasiswa luar negeri. (Risa Fitria)
















  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Helat Seminar Nasional Beasiswa, BEM KBM FKIP Datangkan Dua Pemateri Dari Luar Bengkulu Rating: 5 Reviewed By: Risha Fitria Nursahid