Latest News
Monday, 11 December 2017

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan PGSD UNIB!


Description: No automatic alt text available.
UnibKita.com II Kalian tahu nggak kalau jumlah mahasiswa paling banyak di Universitas Bengkulu itu di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ? Tapi kok kayaknya dari sekian banyak prodi dan mahasiwanya, anak prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD jarang tampak ya? Eits, jangan salah ya, jarang tampak bukan berarti nggak eksis dong ya! So, kalau kalian mau tahu lebih jauh tentang PGSD UNIB, baca sampai selesai ya..

1. Jalan Cimanuk KM 6,5 Kota Bengkulu
            Kalau ada yang bilang kalo mahasiswa PGSD jarang tampak, bukan berarti mereka pemalu atau nggak eksis ya teman-teman. Hal itu dikarenakan mereka belajar di kampus terpisah, yup tepatnya di kampus II UNIB atau Kampus Hijau PGSD di Jl. Cimanuk KM 6,5 Padang Harapan Kota Bengkulu. Jadi buat kalian semua yang kuliah di kampus I Unib di Kandang Limun, jangan lupa buat mampir ke kampus PGSD di Cimanuk ya. Hitung-hitung nambah wawasan dan juga menambah teman. Berfaedah bukan?

Suasana depan gerbang di sore hari

2. Upacara dan Senam Rutin Tiap Minggu
            Mahasiswa PGSD tentunya dipersiapkan untuk menjadi guru SD yang menanamkan nilai-nilai positif bagi dirinya, orang lain dan siswa-siswanya di masa depan. Siswa-siswa SD harus belajar untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawannya setidaknya melalui upacara bendera. Selain itu diperlukan raga yang sehat agar proses kegiatan belajar mengajar lancar. Untuk itulah selain untuk pembiasaan bagi diri sendiri, mahasiswa PGSD melalui upacara dan senam rutin diharapkan mampu menularkan nilai-nilai positif cinta negara dan menjaga kebugaran tubuh pada siswanya di masa depan.
            Upacara dilakukan tiap senin pagi dan senam dilakukan tiap jumat pagi. Keduanya dilakukan pada pukul 07.20 WIB. Saat upacara, mahasiswa harus menggunakan atribut lengkap dengan almamater dan topi UNIB, sedangkan senam menggunakan baju olahraga PGSD.

3. PGSD EXPO dan PGSD CUP
            Seperti prodi-prodi lain yang punya agenda rutin tahunan, PGSD pun tak mau kalah dalam hal ini. PGSD punya 2 agenda tahunan yang meriah dan cukup bergengsi, yaitu PGSD EXPO dan PGSD CUP. PGSD EXPO adalah agenda tahunan yang diadakan di bulan Oktober dan biasanya diisi dengan perlombaan-perlombaan dan kegiatan-kegiatan menarik. Peserta yang ikut dalam perlombaan adalah mahasiswa, siswa SD dan umum. Sedangkan untuk PGSD CUP diadakan tiap bulan April. Hampir sama dengan PGSD EXPO, yang membedakannya adalah pesertanya. PGSD CUP adalah kegiatan yang dikhususkan bagi seluruh mahasiswa PGSD UNIB saja. Biasanya perlombaan antar kelas dan semester. Suasana kampus PGSD sangat meriah ketika dua kegiatan ini berlangsung.

Description: Image may contain: 7 people, outdoor
Persiapan PGSD CUP April lalu

Description: Image may contain: one or more people, people playing sports, people on stage, basketball court and outdoor
Pertandingan Futsal antar SD saat PGSD Expo

4. Belajar Hampir Semua Pelajaran.
            Kalian ingat tidak kalau waktu SD, guru kelas kalian itu bias mengajarkan lebih dari 1 mata pelajaran? Yup, mahasiswa PGSD di didik agar mampu mengetahui semua mata pelajaran. Mulai dari matematika, bahasa, seni, olahraga, PKN, IPA, IPS, psikologi dan masih banyak lagi. Jadi, ketika mahasiswa prodi fisika belajar tentang gaya, ketika mahasiswa prodi biologi praktikum dengan mikroskop, maka kami pun juga belajar itu. Mahasiwa PGSD memang dibekali dengan berbagai macam ilmu pengetahuan untuk menjadi guru SD yang mumpuni.

Praktikum dengan mikroskop

5. Pameran Proyek
            Ada satu mata kuliah di PGSD yaitu Mathematic for Life. Mata kuliah ini menuntut mahasiwa agar mampu menciptakan suatu benda yang disebut proyek. Proyek disini bukan proyek sembarang proyek. Proyek yang dibuat adalah proyek mengandung konsep matematika. Jadi mahasiswa tidak lagi mempelajari rumus, tapi memahami bagaimana pengaplikasian konsep matematika seperti bangun datar, bangun ruang, simetri lipat, waktu dan sebagainya dalam kehidupan sehari-hari. Di akhir semester, proyek-proyek yang mengandung konsep matematika ini di pemerkan serta dinilai oleh para dosen dan mahasiswa dalam rangka memenuhi tugas UAS di semester 5.

Persiapan pameran
           

So, udah lumayan tahu kan tentang prodi ini? Sebenarnya masih banyak loh hal yang perlu kalian tahu tentang PGSD. Makanya jangan lupa ya buat mampir-mampir ke kampus 2 UNIB. Nggak bakal rugi kok, katanya sih mahaiswa PGSD baik dan ramah-ramah. Jadi kalian bakal dapat teman yang asyik disana. See ya!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan PGSD UNIB! Rating: 5 Reviewed By: Unib Kita