Latest News
Thursday, 28 December 2017

WOW, Mahasiswa Teknik Unib Raih the best presenter di ComTech 2017 bersaing dengan mahasiswa dari 9 Negara





UnibKita.com II Prestasi membanggakan lagi lagi kembali ditorehkan oleh mahasiwa UNIB, kali ini prestasi datang dari Rahmat Aulani, Mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Teknik Elektro yang prestasinya sudah tidak diragukan lagi baik di tingkat regional Bengkulu, nasional, dan internasional. Duta bahasa Provinsi Bengkulu ini bahkan telah menempuh pendidikan sarjana di Saginaw Valley State University, Amerika Serikat  sebagai mahasiswa internasional melalui beasiswa Aminef Fulbright Global Undergraduate Exchange Program pada tahun 2016-2017. Sehingga tidak ragu lagi, dia pun menjadi utusan Universitas Bengkulu atas undangan dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) untuk mengikuti Community and Technological (ComTech) Integrated Intiative 2017. Kegiatan yang yang dilaksanakan pada tanggal 22 November dan berakhir tanggal 28 November 2017 ini diikuti oleh mahasiswa nasional dan internasional. ComTech Integrated Intiative 2017 diadakan di Surabaya dan Malang dengan jumlah peserta sebanyak 65 peserta yang berasal dari 9 negara di dunia.
Community and Technological (ComTech) Integrated Intiative 2017 adalah kesempatan besar bagi mahasiswa, akademisi, dan profesional dari seluruh dunia untuk belajar tentang isu-isu masyarakat dan global melalui berbagai kegiatan yang penuh wawasan namun menyenangkan. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) bekerja sama dengan Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Politeknik Negeri Malang sebagai penyelenggara merancang ComTech Integrated Intiative 2017 yang mana dengan harapan mahasiswa teknik dapat secara kritis menggabungkan pendekatan keteknikan dan sosial dalam menerapkan teknologi yang digunakan oleh masyrakat. ComTech Integrated Intiative 2017 yang merupakan ajang perkumpulan pemuda dari seluruh dunia yang didukung oleh ASEAN-China Network for Cooperation and Exchange among Engineering and Technology Universities (ACNET-EngTech). Dengan tema, “Socio Engineering : Knitting of Engineering With Social Approach”, acara ini dibuka secara resmi oleh Prof.Ir.Joni Herman,Msc.Es.,Ph.D yang mana merupakan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November.



            Peserta ComTech Integrated Intiative 2017 diberi tugas untuk membuat poster dan persentasi kelompok mengenai tema yang telah ditentukan panitia yang kemudia akan di persentasikan dan diuji oleh para penguji. Sebelum itu, mereka telah diberi penjelasan melalui persentasi dari mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, dan Politeknik Negeri Malang mengenai alat teknologi yang berguna dalam kegiatan masyrakat dan telah berhasil di kompetensi bidang penalaran atau karya ilmiah tingkat nasional (PIM-NAS). Dari begitu banyak alat, Alan (Panggilan akrab Rahmat Aulani) bersama Nguyen Thi Bich Ngoc (VNM), Tiantian Liu (CHN), Wendy Cahya K (IDN), dan Vithy Ouk (KHM) yang dikenal dengan ASIX (nama kelompok Alan dan teman teman) memilih alat teknologi Smart Wheelchair (SWEAR) sebagai bahan persentasi.


“If we can’t be the best one, be the most unique one”, itulah kata kata motivasi yang selalu Alan sampaikan sebagai Teamleader kepada teman temannya agar mereka selalu bersemangat dan tidak mudah menyerah. Dan akhirnya hasil pun tidak pernah mengkhianati proses, ASIX terpilih menjadi The Best Presenter berdasarkan hasil poling peserta ACNET Meeting dan 58 rektor yang hadir, yang mana mereka adalah rektor yang tergabung dalam Eastern Part of Indonesia University Network (EPI-UNET).
            Di ComTech Integrated Intiative 2017 Alan bukan hanya berkompetensi dengan mahasiswa lain yang berasal dari Indonesia dan Luar Indonesia, namun ia juga dapat mengasah kemampuannya dalam berbahasa asing. Banyak hal yang dapat ia jadikan pengalaman di salah satu acara terbesar di Indonesia ini, mulai dari pengalam berkompetensi dengan orang asing dari latar belakang yang berbeda dan mengetahui teknologi yang sudah sangat berkembang hingga pengalaman bertemu dan berbagi cerita mengenai kebudayaan sosial negara lain secara langsung.



Networking pun bertambah banyak dimana bukan hanya dalam negeri namun bisa memiliki kenalan dari Negara lain adalah hal yang luar biasa yang sangat berguna untuk masa depan Alan ataupun orang sekitarnya. Apresiasi yang sangat luar biasa untuk Rahmat Aulani yang telah membuktikan kepada dunia bahwa mahasiswa Universitas Bengkulu tidak perlu diragukan lagi. Dan satu hal yang selalu penulis ingat dari beliau, kata kata luar biasa yang secara langsung meningkatkan semangat penulis bahkan saya yakin akan memberikan dorongan yang sangat besar untuk pembaca dalam mewujudkan target dan cita cita pembaca.
“ Just Maximize Every Chance We Have And Never Take Things For Granted ”, Ucap Rahmat Aulani saat diwawancarai oleh tim Unib Kita beberapa minggu yang lalu yang hingga sekarang masih terngiang dalam pikiran penulis. [Jussy]
             


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: WOW, Mahasiswa Teknik Unib Raih the best presenter di ComTech 2017 bersaing dengan mahasiswa dari 9 Negara Rating: 5 Reviewed By: Unib Kita