Latest News
Sunday, 5 November 2017

Mahasiswa Bidikmisi UNIB Ikuti Pelatihan PKM dari IMBM UNIB

UnibKita || PKM yang merupakan singkatan dari Pekan Kreativitas Mahasiswa adalah suatu wadah yang di bentuk oleh Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah di pelajari mereka di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Untuk bisa lolos dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini, maka mahasiswa harus membuat suatu karya tulis ilmiah berupa Proposal suatu ide atau inovasi yang terbarukan.

Untuk itulah, Ikatan Mahasiswa Bidikmisi (IMBM) UNIB menggelar sebuah pelatihan mengenai kepenulisan PKM yakni Pelatihan Kepenulisan PKM sebagai bagian dari program kerja dari pengurus Ikatan Mahasiswa Bidikmisi (IMBM) UNIB tahun 2017-2018 ini.

Pelatihan Kepenulisan PKM telah di adakan hari ini Ahad, 05 November 2017 yang bertepatan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) 1 Universitas Bengkulu. Target peserta dalam acara ini yakni 100 peserta yang berasal dari mahasiswa/mahasiswi penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Bengkulu, namun pada kenyataan nya peserta yang mengikuti pelatihan ini melampaui target yakni 300 peserta lebih.

Dalam pelaksanaannya, Pelatihan Kepenulisan PKM yang di adakan oleh pengurus dari Ikatan Mahasiswa Bidikmisi (IMBM) Universitas Bengkulu ini menghadirkan 2 pemateri yang sudah ahli dan melalang buana dalam dunia kepenulisan dan juga bidang kreativitas mahasiswa. Mereka adalah Habibi yang merupakan Ketua Umum dari UKM P3M Universitas Bengkulu tahun 2017-2018, serta Hari Laksamana yang telah memiliki banyak prestasi di bidang kepenulisan maupun di bidang lainnya.

Dalam penyampaian materinya, Habibi yang merupakan pemateri pertama dalam Pelatihan Kepenulisan PKM IMBM menjelaskan tentang pengertian PKM, macam bidang dalam PKM, format kepenulisan, kiat lolosnya serta untung ruginya dalam mengikuti PKM ini. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para peserta kepada pemateri.

Setelah Habibi ada juga Hari Laksamana sebagai pemateri kedua dalam Pelatihan Kepenulisan PKM ini, Kak Hari (sapaan akrabnya) menyampaikan tentang teknik dalam kepenulisan PKM, serta cara untuk mendapatkan ide serta menentukan dan mengetahui peluang lolos atau tidaknya Proposal mahasiswa ke tahap Nasional juga menjelaskan tips dan trik nya untuk lolos dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa di tingkat Nasional, Kak Hari juga menjelaskan dan memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa Bidikmisi yang menjadi peserta dalam Pelatihan Kepenulisan PKM ini.

Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan tanya jawab antara para peserta dengan pemateri, antusiasme para peserta sangat terlihat dalam pelatihan ini, dengan aktif memberikan pertanyaan dan mendengarkan jawaban yang di jelaskan oleh pemateri.

IMBM UNIB selaku penyelanggara Pelatihan Kepenulisan PKM ini berharap agar kiranya seluruh mahasiswa terkhusus mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi agar tidak bingung lagi untuk mengikuti PKM ini nantinya, serta bisa lolos ke tingkat Nasional.
_Bairam
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mahasiswa Bidikmisi UNIB Ikuti Pelatihan PKM dari IMBM UNIB Rating: 5 Reviewed By: Bairam Bait Wiliam