Latest News
Friday, 13 October 2017

Tim Ekspedisi Nusantara Jaya UNIB Siap Mengabdi Untuk Enggano

Unibkita.com|| Pelepasan peserta Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 tim Universitas Bengkulu sukses digelar pada Jumat (13/10) di Gedug PKM ruang 3. Pelepasan peserta disimbolkan dengan cara pemasangan topi ENJ dan ID CARD . Sebanyak  25 mahasiswa UNIB yang terpilih dan mereka menyatakan siap mengabdi untuk Pulau Enggano. Tim ekspedisi yang dikoordinatori oleh Ilza Surya Pratama akan membawa beberapa program kerja meliputi bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan pariwisata.  Kontingen dilepas langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) UNIB yakni Bustanuddin Lubis,SS,MA. Ke-25 orang tersebut berasal dari berbagai Fakultas. Fakultas Hukum berhasil mengirimkan 4 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 4 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2 orang, Fakultas Teknik 6 orang, Fakultas Pertanian 6 orang, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis berjumlah 3 orang.


“Kegiatan ENJ merupakan jendela bagi masyarakat luas untuk  mengenal Enggano, jagalah nama baik UNIB, selalu utamakan kesopanan dan etika. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung begitupun dengan kalian harus menghormati  setiap adat istiadat disana,” ujar  Bustanuddin Lubis, SS, MA saat memberikan pesan kasih kepada mahasiswa UNIB  yang akan langsung diberangkatkan menggunakan Kapal Perintis pada pukul 15.00 WIB.

Mengulas sedikit tentang ENJ bahwa ditahun 2017 ini merupakan tahun ketiga ENJ diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator bidang  Kemaritiman (KEMENKO)  Republik Indonesia. Keanggotaan ENJ terdiri atas kelompok mahasiswa, kelompok pemuda atau umum dan kelompok siswa. Mereka yang terpilih akan melakukan pelayaran dan kegiatan sosial kemasyarakatan di pulau-pulau yang dirasa terdepan,terpencil dan tertinggal atau biasa disebut dengan 3T, mereka yang terpilih dituntut agar bersinergi bersama untuk membangun negeri.  Seperti yang dijelaskan di website resmi maritim.go.id bahwa, maksud dari kegiatan ini semua adalah untuk mengenalkan potensi budaya dan pariwisata Indonesia, menggali potensi pribadi, melatih kepemimpinan, melatih kepedulian sosial, peningkatan bela negeri dan peningkatan kecintaan terhadap NKRI.
Sebuah kemajuan dan prestasi tentunya bagi kampus tercinta kita, karena tahun 2017 ini merupakan tahun pertama UNIB mengirimkan perwakilan golongan mahasiswa setelah sebelumnya mereka melakukan penyeleksian secara ketat sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh KEMENKO Bidang Kemaritiman. Mereka nantinya akan melaksanakan tugas mulia disana selama 10 hari, yakni dari tanggal 13 sampai dengan 23 Oktober. 

Sebelumnya Tim Ekpedisi Nusantara Jaya juga telah membuka kesempatan kepada siapapun untuk ikut berpartisipasi  dalam 1000 kebaikan untuk Enggano dengan cara mengirimkan bantuan dalam bentuk sembako, buku tulis, perlengkapan sekolah, alat kebersihan gigi dan mulut serta pakaian layak pakai dan seragam sekolah. [mwh]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tim Ekspedisi Nusantara Jaya UNIB Siap Mengabdi Untuk Enggano Rating: 5 Reviewed By: Unib Kita