Latest News
Friday, 8 September 2017

TRIK JITU "Hibah Dana Dikti PKM Hingga PIMNAS"

UnibKita.com || Siapa yang tidak mengenal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ? PKM merupakan salah satu lomba karya ilmiah mahasiswa paling bergengsi bagi mahasiswa di Indonesia. Dalam segi pendanaan, Program penelitian ini cukup menjanjikan karena setiap proposal yang lolos seleksi akan mendapatkan dana penelitian hingga sekitar kurang lebih dua belas juta. Nilai tersebut cukup besar di mata mahasiswa sehingga banyak yang berlomba untuk mengikuti ajang tersebut. Selain mendapatkan total pendanaan yang besar, karya terbaik dari seluruh mahasiswa di Indonesia juga akan dilombakan secara nasional pada acara Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas). Sehingga begitu bergengsi untuk menentukan seberapa hebat masing-masing kampus yang berada di seluruh penjuru Nusantara.
 
Agenda Raja.Com

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips dan kiat khusus agar PKM yang kita buat memiliki peluang untuk lolos dan didanai Dikti berdasar pengalaman yang saya dapatkan, syukur alhamdulillah PKM nya lulus PIMNAS.

PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Teknologi, PKM Karsa Cipta, PKM Penelitian, PKM AI, dan PKM GT merupakan nama program yang di buat pemerintah untuk mahasiswa dalam membuat karya baru dengan kreatifitas yang dimilikinya. Ada unsur wirausaha, unsur sosial, unsur teknik, unsur pertanian, unsur jurnalis, dll.

Baiklah, saya akan menjelaskan beberapa tips dan kiat khusus agar PKM lolos untuk didanai oleh DIKTI dan bahkan bisa sampai ke PIMNAS insyaAllah

1.      Awali segala sesuatunya dengan Niat dan Doa serta Mimpi
Kenapa saya katakana sedemikian? Karena untuk dapat melangkah ke tahap berikutnya itu sangat membutuhkan modal paling mendasar ini. Ada niat apa nggak sih kita ini? Ada unsur kesungguhan dalam berjuang. “Manjadda Wajada” Siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil. Nah, dari situ kita mesti memodali diri kita dengan motivasi serta doa yang tulus, agar supaya Allah SWT dapat meridhoi langkah kita kedepannya.

2.      Kenali apa itu PKM?
Ada kata-kata yang mendarah daging dan sering kita dengar “Tak Kenal Maka Tak Sayang” barangkali bagi mahasiswa yang sudah memahami apa itu PKM dan bagaimana skematikanya agar bisa menjadi peserta dalam PIMNAS tidaklah sulit untuk memahami langkah kedua ini. Tapi bagi yang awam artinya belum pernah membuat PKM sama sekali tentulah sangat kebingungan. Ini wajar kawan!, tak usahlah risau dan kebingungan dulu.
Singkatnya begini, semua peserta PKM yang di danai oleh kementerian akan diseleksi kembali pada saat monitoring, dan setelah dinyatakan lolos dalam monitoring inilah kalian bisa menjadi peserta PIMNAS. Mengenali disini mulai dari mengenali sejarah, mekanisme penilainnya, peraturan yang diperbolehkan agar bisa mendaftar PKM sampai pada hal-hal yang dianggap penting lainnya.

3.      Tentukan Jenis PKM yang sesuai dengan Gayamu
Pilihlah jenis PKM yang sekiranya sesuai dengan kemampuan anda dan topik yang sudah rekan-rekan buat. Penentuan yang pas untuk topik dan jenis pkm sangat berpengaruh. Jadi kalau isi topik nya tentang Penelitian, maka daftarkanlah PKM nya kedalam kategori PKM Penelitian. 

4.      Cari Ide Yang Super Kreatif
Carilah ide PKM dari PKM yang sudah lolos sebelumnya dan mengembangkannya.
Ide PKM tidak unik juga tak apa, yang terpenting dari ide PKM adalah diterimanya dan dibutuhkannya pelaksanaan dari ide tersebut oleh masyarakat di waktu yang sama. Sehingga ada manfaat untuk masyarakat dari pelaksanaan tersebut.

5.      Judul PKM harus Kece
Judul PKM yang rekan-rekan pilih setidaknya mengandung keunikan, singkatan unik, dan relevansi dengan isi Proposal PKM. Misal : REPTIL (Replika Tabot dari Limbah). Judul yang unik akan membuat juri ingin membaca lagi isi dari PKM, karena rata-rata seorang juri menilai dari judul nya dulu. 

6.      Ikuti Rule Supaya tidak Salah Jalan
Ikutilah rule yang sudah ditetapkan oleh panitia PKM. Baca buku pedoman pkm yang disediakan oleh dikti, penuhi seluruh persyaratannya. Karena satu saja tidak terpenuhi maka harapan lolos menjadi berkurang. Misal surat pernyataan dari dosen pembimbing, surat pernyataan ketua, surat pernyataan mitra, dan aturan-aturan lainnya. Semua aturan harus dipenuhi agar lolos dan didanai dikti.


7.      Cari Dosen Pembimbing yang Memiliki Semangat Juang Tinggi
Dosen pembimbing itu penting, karena yang membenahi hasil kerja rekan-rekan ketika salah adalah Dosen pembimbing. Carilah Dosen pembimbing yang sudah berpengalaman dan berprestasi, misalnya beliau juga pernah ikut PKM khusus Dosen dan ternyata lolos. Carilah Dosen pembimbing yang mementingkan kepentingan mahasiswanya, karena beliau akan berfikir keras untuk memberikan yang terbaik bagi hasil karya rekan-rekan. 

8.      Kepoin Dikit Kawan yang sudah pernah Lolos Hibah Dikti
Mintalah contoh PKM yang lolos dana hibah dikti, misal meminta ke kenalan contoh PKM nya dan pelajari lebih dalam poin-poin yang dipaparkan dalam proposal PKM tersebut. Karena itu dapat dijadikan referensi untuk rekan-rekan yang akan membuat proposal PKM.

9.      Baca Cerita Mahasiswa Yang Lolos di Internet
Carilah cerita-cerita mahasiswa yang sudah pernah lolos PKM dana hibah dikti maupun lolos pimnas, cari tahu apa yang mereka dapatkan ketika mereka lolos PKM dan jadikan itu sebuah motivasi bagi rekan-rekan untuk lolos juga dalam dana hibah dikti dan pimnas.

10.  Kolaborasi dengan berbagai Disiplin Keilmuan
Selain peka terhadap perkembangan penelitian saat ini, berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu juga sangat penting, hal tersebut dapat membuat isi proposalmu lebih kaya. Mungkin kamu mahasiswa Fisika yang ingin memajukan suatu desa terpencil dengan membangun infrastruktur yang ada disana. Untuk membuat proposal yang komprehensif, maka kamu harus berkolaborasi dengan teman-teman dari Teknik yang bisa mengusulkan teknologi yang efisien untuk sebuah desa. Selain itu juga anak ekonomi yang dapat menentukan perencanaan dalam membangun sebuah teknologi didesa sehingga dapat dikembangkan secara berkesinambungan.
Kolaborasi dengan berbagai bidang pengetahuan yang lain bisa membuat pikiranmu menjadi lebih terbuka. Kamu akan sadar bahwa ilmumu saja tidak akan cukup untuk menghasilkan riset yang berguna bagi masyarakat. Selain itu, kolaborasi dengan bidang yang berbeda akan membuat penelitianmu semakin kaya. Reviewer dari DIKTI pasti tak segan untuk mendanai proposal yang kamu ajukan, karena banyak aspek yang kamu perhatikan.
 
11.  Pastikan Program Kamu Bermanfaat
Tema yang menarik adalah kunci utama agar proposal PKM-mu bisa disetujuai oleh DIKTI. Selain mempunyai tema yang menarik, aplikasi dari proposal yang kamu ajukan juga amat penting. Sebrilian apapun tema yang kamu usulkan tetapi mustahil untuk dilakukan juga akan mempengaruhi penilaian dari reviewer. Misalnya kamu mengusulkan sebuah teknologi terbaru, namun hal tersebut belum pernah dilakukan serta tidak ada rujukan yang jelas maka kemungkinan sangat sulit untuk lolos.
Korelasi antara tema yang baik dan faktor kebermanfaatan untuk masyarakat luas sangat menentukan lolos atau tidaknya proposal PKM yang kamu usulkan. Sebagai reviewer, tentu kamu akan memilih judul penelitian yang bisa bermanfaat pada sebanyak-banyaknya orang, bukan? Sehingga, mereka pasti akan memberikanmu kesempatan dan dana untuk mewujudkannya.

12.  Rancangan dana harus realistis.
Rancangan dana adalah hal yang wajib kamu lampirkan di dalam proposal. Tanpa banyak mengada-ada anggaran, mulai sekarang kamu wajib membuat rancangan yang realistis saja. Mungkin secara detail kamu butuh uang 4 juta rupiah, maka sebagai dana cadangan kamu bisa menambahkan 10% sebagai cadangan jika ada yang gagal. Anggaran dana yang realistis juga bisa melatihmu untuk jujur dan tidak mengada-ada. Jika kamu melebih-lebihkan, nggak jarang kamu malah dicap sebagai mahasiswa yang hanya butuh uang. Padahal penelitian dan pengalaman ‘kan jauh lebih berharga dari itu semua. 

13.  Luruskan Niat, Terus berusaha dan berdoa 
Hal yang paling penting, jangan jadikan PKM sebagai ajang mencari duit. Ini sudah niatan yang salah. Niatkan untuk membantu orang lain, uang dari proposal PKM hanya sekedar untuk mengganti biaya dan uang saku saja. Anda akan punya banyak pengalaman dari kegiatan ini. Kedua jangan hanya diniatkan untuk menjadikan PKM sebagai proyek, yaitu PKM selesai kegiatan selesai. Meskipun anda menang tetapi cara tersebut tidak mulia.

Lolos PKM itu hak setiap mahasiswa, baik yang dari Universitas negeri atau swasta. Nah, tanpa mau kalah begitu saja, nggak ada salahnya mulai sekarang kamu unjuk kebolehan di ajang paling bergengsi bagi mahasiswa.  (Astri)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: TRIK JITU "Hibah Dana Dikti PKM Hingga PIMNAS" Rating: 5 Reviewed By: Astri Wijayanti