Latest News
Monday, 21 August 2017

5 Hewan Anti Mainstream yang Ada di UNIB

UnibKita.com|| Universitas Bengkulu merupakan Perguruan Tinggi Negeri terbesar dan terluas se-Provinsi Bengkulu. Dengan 60% lingkungan hijau, tak heran jika UNIB menduduki peringkat keempat se Indonesia sebagai kampus hijau versi UI Green Metrix University Ranking 2010. Tidak hanya itu, UNIB juga menduduki peringkat ke 214 dunia dari 516 Universitas terdaftar versi UI Green Metrix University Ranking 2016 (sumber: unib ac.id).


Sumber: http://pilarindonesia.or.id

 Kampus terfavorit di Provinsi Bengkulu ini juga dipenuhi oleh rerumputan hijau, taman-taman, danau, rawa, perkebunan, sawah, dan pepohonan rindang nan sejuk  sehingga UNIB menjadi habitat terbaik bagi hewan-hewan satwa liar untuk bertempat tinggal, mencari makan, serta berkembang biak. Maka dari itu, tak heran bila mahasiswa sering kali berjumpa dengan hewan-hewan dari mulai hewan mainstream seperti nyamuk, semut, ulat, cacing, kalajengking, meong, guguk, dan lain sebagainya. Ternyata ada juga hewan anti mainstream yang dapat  kita jumpai di kampus UNIB. Penasaran? Berikut daftar nama hewan-hewan anti mainstream yang sering dan dapat kita jumpai di Universitas Bengkulu.

1.Monyet

Sumber: http://animalfriends-id.com

Emang di UNIB ada monyet? Ada dong, di UNIB terdapat primata jenis Monyet Ekor Panjang dan Lutung Kelabu. Karakteristik hewan ini sangat adatif dan termasuk hewan liar yang mampu mengikuti perkembangan peradaban manusia, sehingga monyet-monyet ini tidak akan menganggu kita dalam proses perkuliahan. Bahkan karena adanya hewan satu ini, UNIB seringkali menjadi lokasi mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengamatan terhadap hutan dan primata. Hewan yang satu ini dapat kita jumpai di atas pohon-pohon tinggi seperti di Lab TIP, simpang 4 rektorat, ataupun pohon tinggi dikawasan UNIB lainnya.



2. Biawak

Biawak didanau rektorat
Biawak adalah sebangsa reptil yang masuk kedalam golongan kadal besar , habitatnya ada di tempat lembab, misalnya tepi danau, rawa-rawa atau di hutan bakau dan tidak diragukan lagi, rata-rata mahasiswa UNIB pasti sudah sering berjumpa dengan hewan satu ini. Penulis sendiri sering melihat hewan ini dengan ukuran cukup besar dengan panjang antara 1 hingga 1,5 meter. Bagi kamu yang belum jumpa hewan ini, cobadeh kalian berjalan diantara Dekanat FMIPA dan gedung PKM, lihat di bawah jembatan Perpustakaan,   atau coba nongkrong di danau Rektorat. Walaupun dengan perawakan yang besar dan menakutkan khas reptil, nyatanya hewan yang satu ini cukup lincah dan takut jika bertemu kita, so jangan di lempar benda asing dan disakitinya guys.

3. Tupai

Sumber: http://alhurriyyah.lk.ipb.ac.id

Hewan yang populer di kartun Spongebob (*sebagai sandy) ini merupakan hewan jenis mamalia kecil yang habitatnya di atas pepohonan. Tupai sangat lincah dan suka memangsa serangga serta beberapa buah-buahan. Bagi kalian yang sering mengamati dan menikmati pepohonan di kampus, pasti sering melihat hewan yang satu ini berlari-lari di pepohonan maupun di tiang listrik, bahkan di atap-atap gedung UNIB. Gimana, sering lihatkan??

4. Ular
Sumber: http://bali.tribunnews.com

Ular merupakan salah satu reptilia yang paling sukses berkembang didunia, baik digunung, hutan, gurun, dataran rendah, lahan pertanian, lingkungan pemukiman, sampai ke lautan dan tak terkecuali di lingkungan UNIB dapat di temukan ular. Hewan ini dapat kita jumpai diberbagai tempat di UNIB seperti di pohon, sawah, rawa-rawa, bahkan beberapa kali masuk kedalam Laboratorium serta gedung lainnya. Meskipun tidak semua bisa ular itu mematikan, sebaiknya kita tetap berhati-hati ya guys dengan hewan yang satu ini.

5. Kura-kura

Sumber: http://rifqikomputer.blogspot.co.id

Lain halnya dengan hewan-hewan dia atas, kura-kura yang ada di UNIB memang sengaja dipelihara, dilindungi, dan dilestarikan. Dibuatnya Program Konservasi Kura-kura yang di canangkan oleh Prodi S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam ini berupaya untuk menjaga berbagai spesies kura-kura dari ancaman kepunahan. Program yang menciptakan UNIB sebagai “rumah aman” bagi kura-kura juga bertujuan untuk mendukung proses pendidikan dan penelitian bagi mahasiswa. Hewan ini dapat kalian jumpai di Zona Konservasi Kura-kura Universitas Bengkulu yang letaknya tepat di depan gedung Laboraturium FKIP, di danau belakang GB I, serta di taman pintar di depan dekanat FKIP.
[Lisa].
















  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 5 Hewan Anti Mainstream yang Ada di UNIB Rating: 5 Reviewed By: Monalisa Z