Latest News
Tuesday, 30 May 2017

Bangun dari Dunia Maya, Hentikan Siklus Kebencian!






Unibkita|| Ibaratkan asap dan api. Asap tak akan muncul tanpa adanya api. Begitu pula dengan kebencian, siklusnya tiada henti berkembang. Balas-membalas akan menimbulkan kobaran yang besar. Oleh karena itu, kamu harus menghentikan siklusnya sekarang, sebelum merambat dan menimbulkan ketidak-bahagiaan yang menyesakkan.
Pernahkah kamu memperhatikan lingkungan sekitarmu? Dunia nyata yang sesungguhnya. Dunia tanpa kepalsuan. Coba hentikan aktivitasmu sejenak. Perhatikan dunia yang selalu kamu duakan, yang terlalu banyak kamu abaikan.

Kamu akan menemukan seorang anak dengan seplastik koran atau seorang bapak yang menunggu dagangan, mengharapkan datangnya pembeli untuk menghabiskan dagangannya sehingga ia dapat secepatnya berkumpul dengan keluarga, atau barangkali kamu akan menemukan seorang kakek yang sedang mendorong gerobak sampah. Mereka memeras keringat untuk bertahan hidup.

Di saat kamu dapat duduk manis di bangku sekolah, yang terkadang kamu sia-siakan karena terlalu sibuk menebarkan kebencian di dunia maya dengan komentar-komentar pahitmu-yang menurutmu itu menyenangkan. Sadarlah saat kamu membuang waktumu untuk itu semua, ada anak yang berjuang dengan seplastik koran agar dapat duduk di bangku sekolah.

Ketika kamu sibuk menghambur-hamburkan uang untuk membeli makanan yang sedang viral lalu memposting fotonya dengan caption yang kamu buat semenarik mungkin, ada seorang bapak yang berjuang melariskan dagangannya dengan harapan dapat membawa makanan enak untuk anak-anaknya yang menunggu kepulangannya, atau ketika kamu sibuk ber-selfie ria, kapanpun, di manapun, bahkan tempat yang berbahaya sekalipun, ada seorang kakek yang memeras keringatnya, bergantung pada seonggok sampah, yang seharusnya ia menghabiskan sisa hidupnya di tengah kehangatan keluarga. Ketahuilah dunia maya yang selama ini kamu puja penuh dengan kepalsuan. Sadarlah hidupmu tidak hanya bergantung pada seberapa banyak like atau seberapa banyak komentar berisikan pujian.

Sudah saatnya kamu bangun dari tidur panjang tiada arti-dunia maya. Hentikan siklus kebencian yang kamu tebarkan di dunia maya. Angkat kepalamu dan berkaryalah, dunia nyata membutuhkan kontribusimu untuk menghentikan kebencian.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bangun dari Dunia Maya, Hentikan Siklus Kebencian! Rating: 5 Reviewed By: septi septiani