Latest News
Monday, 24 April 2017

Ini dia karya anak UNIB , "Replika TABOT berbahan Limbah "


UnibKita.com || Prestasi mahasiswa UNIB kian meluncur, ditahun ini  salah satu tim PKM Kewirausahaan berhasil lolos dan didanai oleh dikti. Mereka adalah tim Reptil yang diketuai oleh saudara Okta Fernando selaku mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia beserta anggotanya yaitu: Warsito, Tafsili, Astri Wijayanti, Adinda Meriska Ayu. Mereka berhasil menciptakan  sebuah Replika Tabot berbahan dasar limbah sampah. Seperti apa sih hasil tangan mereka? Berikut penjelasannya.

Replika tabot dari limbah sampah merupakan replika mini dari bentuk bangunan tabot sendiri. Suatu peluang bisnis yang cukup menjanjikan di Bengkulu, pasalnya sebagian bahan dasarnya terbuat dari limbah seperti, kaleng bekas, pipa paralon, kardus, limbah kain batik, serta selang bekas, yang mudah kita jumpai di tempat sampah. Sedangkan dalam pengerjaannya tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama. Ditambah lagi belum ada yang pernah membuatnya di Bengkulu. Karena bahan untuk membuatnya sebagian besar dari limbah sampah yang didapat di lingkungan sekitar, maka modal yang dibutuhkan relative kecil serta juga dapat mengurangi pencemaran sampah yang ada di kota Bengkulu.




Replika tabot itu sendiri dibuat dengan mencakup tiga buah unsur, yang pertama adalah mengenai batik besurek yang merupakan batik khas Bengkulu yang bermotif kaligrafi Arab. Pada umumnya, batik ini berciri khas kaligrafi dengan perpaduan bunga  rafflesia sebagai motifnya yang merupakan simbol khas Bengkulu. Kedua yakni tentang  bunga Raflesia adalah identitas provinsi Bengkulu dan sebagai salah satu puspa langka dari tiga bunga nasional Indonesia mendampingi puspa bangsa (melati putih atau Jasminum sambac) dan puspa pesona (anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis) berdasarkan Kepres No 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional, dan yang ketiga yakni mengenai tabot itu sendiri yang paling mendominasi dari karya yang kami produksi ini.



Karya cipta replika mini tabot ini, selain dapat mengenalkan budaya Bengkulu melalui sebuah cenderamata, tetapi juga ramah lingkungan karena bahannya dari limbah yang dapat mengurangi dampak limbah plastik di kota Bengkulu. Untuk ukurannya sendiri itu bervariasi mulai dari besar dengan tinggi 50 cm sampai dengan 100 cm, ukuran sedang 30 cm sampai dengan 45 cm, dan ukuran kecil tingginya 30 cm kebawah.

Dan juga untuk pemasangan harga tiap-tiap jenis tabot sudah menetapkan bahwasanya untuk replika tabot junior (kaca) itu harganya Rp 50.000,00 replika tabot sedang (kaca) Rp 80.000,00 replika tabot jumbo (kaca) Rp 110.000,00. Selain itu kami juga telah menetapkan harga untuk yang replika tabot junior (non kaca) Rp 35.000,00 replika tabot sedang (non kaca) Rp 60.000,00 dan yang terakhir untuk replika tabot jumbo (non kaca) kami memasang tarif seharga Rp 80.000,00.

Untuk teman teman yang ingin membeli silahkan hubungi 081238342236

rugi apabila kita sampai tidak memiliki replika tabot ini, karena sudah sangat jelas sekali pemaparan mengenai manfaat dan juga potensi bagi ke depannya sangatlah bagus. Ayo kita menghargai hasil karya mahasiswa.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ini dia karya anak UNIB , "Replika TABOT berbahan Limbah " Rating: 5 Reviewed By: Astri Wijayanti