Latest News
Wednesday, 30 March 2016

Ulasan Kenapa Mahasiswa Masih Apatis di Pemira Unib 2016



Hasil Pemira Unib 2016
Unibkita.com || Menjadi pertanyaan besar sampai saat ini , apasih susahnya menggunakan hak suara dalam pemira ataupun sejenisnya dikampus. Tahun ini KPU KBM UNIB sudah menggelontorkan dana dari rektorat habis-habisan untuk menyukseskan pemira UNIB. Dengan target 10.000 suara, hasilnya kurang memuaskan karena hanya 32 % suara yang masuk ke KPU. Padahal KPU, PANWAS dan P2Pemira sudah melakukan langkah maksimal untuk menarik minat mahasiswa agar ikut memilih.

Setelah hasil wawancara  saya  mendapat kesimpulan alasan kenapa para mahasiwa untuk tidak peduli.
 1."Siapapun Presma yang terpilih tidak ada pengaruhnya langsung buat saya"
Mayoritas mahasiswa UNIB belum merasakan dampak yang signifikan dari terpilihnya presma-presma sebelumnya. Bahkan ada sebagian kecil yang berpendapat bahwa keberadaan Presma dan wapresma hanya formalitas.

2."Kampanyenya ganggu jam kuliah kami,berisik dan mengotori kampus . Untuk apa kami memilih pemimpin yang tidak tahu aturan"
Ini bisa jadi saran untuk timses capresma dan cawapresma tahun selanjutnya untuk tetap berkampanye sesuia dengan koridor. Siapa tahu akan banyak mahasiswa yang akan memilih nantinnya.

3."Saya enggak tau tuh calonnya gimana, enggak kenal"
Ini bisa jadi karena mahasiwanya yang benar-benar tidak mau tahu atau  memang terkadang calonnya hanya dikenal dikalangan tertentu. Hanya dikenal dekat oleh kalangan aktivis saja.

4."Saya lagi pulang kampung waktu itu”
Sebagian mahasiswa melakukan siklus pulang kampung mingguan maupun bulanan, harap maklum ya. Jadi menghayal andai saja pemungutan suara bisa pakai internet pakai portal misalnya.

5. "Visi dan misinya sulit dipahami"
Bagi sebagian mahasiswa sulit untuk memahami maksud dan tujuan dari visi-misi yang dipaparkan oleh capres dan cawapres . Hal ini karena bahasanya terkadang terlalu sulit untuk dipahami.

6."Malas"
Kalau alasan yang terakhir ini tidak bisa diganggu gugat, KPU maupun P2Pemira selanjutnya musti cari cara ajaib agar mahasiswa tidak malas lagi untuk menggunakan hak pilihnya.

Opini diatas didapat dari interview sample acak mahasiswa, kita harapkan hal ini bisa membawa pengaruh yang baik untuk pemungutan suara selanjutnya (AYK)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ulasan Kenapa Mahasiswa Masih Apatis di Pemira Unib 2016 Rating: 5 Reviewed By: Gintokiblink vip