Latest News
Tuesday, 22 March 2016

Tahukah Kamu 21 Maret Adalah Hari Hutan Sedunia?

Unibkita.com || Hari ini Senin, 21 Maret 2016 merupakan hari Hutan sedunia dengan tema tahun ini yaitu : "Hutan dan Air". Peringatan ini pertama kali dideklarasikan oleh PBB pada tanggal 21 Maret 2013 berdasarkan resolusi PBB pada 28 November 2012. Momentum hari Hutan Sedunia ini Tepat sekali jika kita gunakan untuk merenungi kembali akan pentingnya Peran dan Fungsi bagi Kehidupan Kita di bumi ini.
Berikut 10 Fungsi dan Peran hutan bagi kehidupan  :

1.  Pabrik Oksigen
Pohon-pohon yang ada di hutan memproduksi oksigen yang kita perlukan untuk bernafas dan menyerap karbondioksida yang kita keluarkan. Satu pohon dewasa dapan memproduksi oksigen yang cukup untuk bernafas 10 orang selama setahun. Plankton juga produktif menyediakan setengah oksigen Bumi, tapi hutan masih merupakan sumber utama oksigen bagi kita.

2.   Rumah bagi Biodiversitas
Hampir setengah dari semua spesies yang dikenal hidup di hutan, termasuk 80 persen dari keanekaragaman hayati di darat. Hutan hujan tropis terutama menjadi rumah yang nyaman bagi berbagai burung langka dan orangutan yang terancam punah. Hutan penuh dengan kehidupan, serangga dan cacing bekerja menutrisi tanah, lebah dan burung-burung menyebarkan serbuk sari dan benih-benih, spesies kunci seperti serigala dan kucing besar menjaga agar populasi herbivora tetap terkendali.

3.   Menjaga Bumi tetap sejuk
Pohon juga memiliki cara lain untuk mengalahkan panas: menyerap CO2 yang merupakan bahan bakar pemanasan global. Tanaman selalu membutuhkan CO2 untuk fotosintesis. Untuk memerangi pemanasan global, yang perlu dilakukan tanaman hanya berfotosintesis. CO2 disimpan dalam kayu, daun dan tanah, selama berabad-abad.

4.   Mencegah banjir dan erosi
Akar-akar pohon berperan penting saat hujan deras, terutama bagi daerah dataran rendah seperti sepadan sungai. Mereka membantu menyerap air hujan dan menahan agar tanah tidak hanyut karena erosi dengan memperlambat aliran air.

5.   Menahan angin
Pertanian di dekat hutan memiliki banyak keuntungan. Kelelawar dan burung akan memakan serangga pengganggu tanaman. Hama tikus pun tak ada lagi karena habis diserbu burung hantu. Hutan juga berfungsi sebagai penahan angin, menghalangi angin  agar tidak menghantam tanaman pertanian yang tak begitu kokoh. Sedikit angin juga membuat lebah lebih mudah melakukan penyerbukan.

6.  Membersihkan tanah yang kotor
Selain menahan tanah dari erosi dan banjir, hutan juga dapat menggunakan fitoremediasi untuk membersihkan polutan tertentu. Pohon dapat menyerap racun atau mengurangi bahaya racun. Menjaga hutan berarti membiarkan pohon menyerap limbah-limbah beracun di tanah.

7.   Menciptakan lapangan pekerjaan
Menurut data PBB, lebih dari 1,6 miliar orang di dunia bergantung pada hutan untuk mata pencaharian mereka. Sekitar 10 juta orang secara langsung dipekerjakan dalam pengelolaan dan konservasi hutan. Hutan juga berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan melalui produksi kayu dan produk non kayu.

8.   Membersihkan udara dari polusi
Meski kita mengandalkan tanaman hias untuk mengurangi polusi udara,  tetapi jangan lupa peran hutan. Hutan dapat membersihkan polusi udara pada skala yang jauh lebih besar, dan bukan hanya CO2 saja. Pohon menangkap dan menyerap berbagai polutan udara, termasuk karbon monoksida, sulfur dioksida dan nitrogen dioksida.

9.   Memenuhi kebutuhan pokok kita
Hutan  memberikan bahan makanan bagi kita. Tidak hanya buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan getah, mereka juga memberikan kita makanan lain seperti jamur-jamuran, buah-buah beri, dan madu, hingga hewan-hewan yang lebih besar seperti rusa, kalkun, kelinci dan ikan. Selain sumber makanan, hutan juga menjadi sumber kebutuhan kita yang lain, seperti tanaman obat-obatan, kayu, rotan, dll.

10.   Tempat menjelajah dan bersantai
Hutan menyimpan banyak misteri yang belum terungkap. Ada berbagai spesies yang belum teridentifikasi tersembunyi di hutan, menunggu untuk ditemukan. Hutan menjadi laboratorium alam bagi kita, manusia yang haus akan ilmu pengetahuan.
Keindahannya juga menjadi salah satu manfaat hutan bagi kita. Campuran warna abstrak, pemandangan hijau yang menyegarkan mata, aktivitas dan ketenangan di dalamnya menajdi salah satu manfaat hutan yang bisa kita nikmati.
Ketertarikan bawaan manusia terhadap hutan merupakan bagian dari fenomena yang disebut “biofilia”. Biofilia merupakan ketertarikan terhadap air, pepohonan dan pemandangan alam lain. Berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa berjalan-jalan di hutan dapat meningkatkan kreativitas, menekan mempercepat pemulihan ADHD, dan membantu meditasi serta menyegarkan pikiran. Bahkan mungkin membantu kita hidup lebih lama.

 Masih ada banyak manfaat keberadaan hutan yang membuat kita harus tetap menjaga kelestarian hutan di Bumi. Tanpa hutan, kita akan mengalami kesulitan untuk bertahan hidup. Pada akhirnya, menyelamatkan hutan sama artinya dengan menyelamatkan kehidupan di Bumi.

sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/03/10-alasan-mengapa-hutan-penting-bagi-kehidupan [M3]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tahukah Kamu 21 Maret Adalah Hari Hutan Sedunia? Rating: 5 Reviewed By: Martyas Saputra