Latest News
Monday, 21 March 2016

Mengenal Apa Itu Earth Hour

Ilustrasi
unibkita.com || Kemarin adalah earth hour day. tahu apa itu earth hour ? jika kita artikan secara perkata dengan kamus seadanya dan pengetahuan english sederhana, mungkin kita artikan seperti ini earth adalah bumi dan hour adalah jam. dalam bahasa inggris biasanya di balik-balik yah, earth hour berarti jam bumi. benarkah ? yupp, begitulah artinya jika kita alihkan bahasanya ke bahasa indonesia. tapi, untuk lebih terasa globalnya. kita sebut tetap dengan earth hour ya.

Baiklah langsung ke apa itu earth hour, earth hour itu adalah sebuah kampanye yang bersifat global untuk mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama peduli dalam upaya menurunkan emisi karbon dioksida yang dapat memicu pemanasan global dan perubahan iklim. Kampanye ini dapat di lakukan dengan berpartisipasi dengan cara mengajak orang lain, khususnya kita sendiri juga melakukan tindakan yang tidak memberatkan kok, seperti menghemat listrik yang biasanya lampunya nonstop hidup, kalau tidak terlalu penting kan bisa dimatikan saja atau hal-hal lain yang berkaitan dengan peralatan listrik dan itu cuma satu jam saja. wahh,  tidak merugikan namun berdampak besar kan ? earth hour ini pertama kali di Australiapada tahun 2007 di kota Sydney,saat itu WWF Australia, Fairfax Media, dan Leo Brunett bekerja sama untuk melakukan kampanye pengurangan gas rumah kaca di kota tersebut.  Di Indonesia sendiri Earth hour untuk pertama kali diikuti pada tahun 2009 dengan DKI Jakarta sebagai kota yang berpartisipasi.

Waktu pelaksanaan earth hour sendiri dilaksanakan setiap hari sabtu di minggu ketiga bulan maret setiap tahunnya.hari sabtu di minggu ketiga di bulan maret dipilih menjadi waktu pelaksanaan earth hour karena pertimbangan seperti, bulan maret merupakan bulan dengan cuaca bersahabat karena hampir di seluruh bagian bumi, akhir maret merupakan waktu peralihan musim. baik dari musim dingin ke musim semi maupun dari musim hujan ke musim kemarau. sudah tahu sejauh ini, yukk kita berpartisipasi untuk menyelamatkan bumihal kecil yang kita lakukan suatu hari akan berdampak besar dengan terus memberi pengaruh baik ini juga ke semua orang. (Fn)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Apa Itu Earth Hour Rating: 5 Reviewed By: Fitriani Nur Ibrahim