Latest News
Wednesday, 2 March 2016

Gempa Mentawai, Bengkulu Siaga Tsunami


Unibkita.com || Gempa bumi berkekuatan 8,3 skala Richter mengguncang Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (2/3). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperluas peringatan tsunami hingga ke Sumatera Barat, Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Bengkulu, dan Lampung..

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi,dan Humas BNPB Sutopo, gempa berlangsung pukul 19.49 WIB.
Pusat gempa berada di 5.16 LS, 94.05 BT atau sekitar 682 kilometer barat daya Mentawai.
"Di kedalaman 10 kilometer," ucap Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (2/3/2016) malam.

Tindakan kesiap siagaan

Merencanakan kesiapsiagaan terhadap bencana tidak hanya mencakup perencanaan fisik bangunan belaka. Setiap orang dalam rumah sebaiknya tahu apa yang harus dilakukan dan ke mana harus pergi bila situasi darurat terjadi.

Prinsip rencana siaga untuk rumah tangga

1. Sederhana

Rencana darurat rumah tangga dibuat sederhana sehingga mudah diingat oleh seluruh anggota keluarga. Bencana adalah situasi yang sangat mencekam sehingga mudah mencetus kebingungan. Rencana darurat yang baik hanya berisi beberapa rincian saja yang mudah dilaksanakan.


2. Tentukan jalan melarikan diri

Pastikan Anda dan keluarga tahu jalan yang paling aman untuk keluar dari rumah saat gempa. Jika Anda berencana meninggalkan daerah atau desa, rencanakan beberapa jalan dengan memperhitungkan kemungkinan beberapa jalan yang putus atau tertutup akibat gempa.


3. Tentukan tempat bertemu

Dalam keadaan anggota keluarga terpencar,misalnya ibu di rumah, ayah di tempat kerja, sementara anak-anak di sekolah saat gempa terjadi, tentukan tempat bertemu. Yang pertama semestinya lokasi yang aman dan dekat rumah. Tempat ini biasanya menjadi tempat anggota keluarga bertemu pada keadaan darurat. Tempat kedua dapat berupa bangunan atau taman di luar desa, digunakan dalam keadaan anggota keluarga tidak bisa kembali ke rumah. Setiap orang mestinya tahu tempat tersebut.
 
 
http://regional.kompas.com/read/2016/03/02/2005308/Gempa.8.3.Skala.Richter.Guncang.Mentawai.Berpotensi.Tsunami)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gempa Mentawai, Bengkulu Siaga Tsunami Rating: 5 Reviewed By: ferry sandria